Konsep dan Kerangka Manajemen Layanan Sistem Informasi



 Manajemen Layanan Sistem informasi adalah metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan aiatem teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi mempunyai standar internasional yang disebut dengan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) yang merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dari referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Service Management) yang prima dan handal.

ITSM (Information Technologyn Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi TI yang secara filosofi terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan, ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manejemen TI dan berinteraksi bisnis dengan terpusat pada teknologi.

ITSM berfokus pada  proses dan karenanya terkait dan memiliki minat sama dengan kerangka kerja metodologi gerakan perbaikan proses seperti TQM, Six Sigma,Business Process Management dan CMMI. Disiplin ini tidak memperdulikan detail pengguna produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyedian kerangka kerja untuk menstrukturkan aktifitas terkait dengan IT dan interaksi antara personal teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.


Beberapa proses ITSM yaitu :

Bagaimana menjaga keseimbangan anatara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan apa yang  dibutuhkan customer. 

 Melayani dengan TI yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifan TI yang diberikan. 

 Membina kerjasama yang baik antara pihak suplier dan customer dengan tidak saling mengecewakan dan dapat memberikan layanan yang terbaik.

Membina dan melayani dengan tingkat kemampuan melayani sebaik-baiknya customer yang nantinya akan mempengaruhi terhadap kepuasan yang akan didapatkan customer tersebut.


Peran Manjemen Layanan Sistem Informasi :

a)    Mendukung operasi bisnis mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan sistem informasi menyediakan dukungan bagi menejemen dalam operasi atau kegiatan bisnis sehari-hari.

b)    Mendukung pengambilan keputusan managerial sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan bisnis dengan baik.

c)    Mendukung keunggulan strategis sistem informasi dirancang untuk membantu pencapaian sasaran       strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing dipasar.

d)      Meningkatkan pelayanan secara global atau menyeluruh.

e)      Mampu meningkatkan persaingan  bisnis secara global.

f)       Mampu bersaing dipasar global.

g)      Membentuk kelompok kerja yang luas.

h)      Membentuk sistem delivery yang luas.

i)        Melakukan perubahan ekonomi industri.

j)        Meningkatkan produktivitas.

k)      Meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.

l)        Menyediakan informasi secara global.

Adapun konsep dasar sistem informasi yang dapat merupakan kombinasi teratur apapun dari orang-orang hardware, software, jaringan komunikasi,dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai alat jenis fisik hardware,perintah dan prosedur pemrosesan informasi software, saluran komunikasi jaringan, dan data yang disimpan sumber daya data sejak permulaan peradaban.


Kerangka Kerja Sistem Informasi

Bidang sistem informasi melintasi banyak teknologi kompleks, konsep keprilakuan yang abstrak, dan aplikasi khusus dalam bidang-bidang bisnis serta nonbisnis yang tidak terhitung jumlahnya. Dalam kerangka kerja ada lima area pengetahuan sistem informasi berikut ini :

Konsep-konsep dasar, konsep dasar keprilakuan, teknis,bisnis dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar berasal dari  teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.

Teknologi Informasi, konsep-konsep utama,pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware, software,jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis internet.

Aplikasi Bisnis, penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen,dan keunggulan kompetitif bisnis.

Proses Pengembangan, bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluan bisnis.

Tantangan manajemen, tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir,perusahaan,dan global dalam bisnis.


Jenis-Jenis Sistem Informasi

Secara konsep, apalikasi sistem informasi yang diimplementasikan dalam dunia bisnis saat ini dapat diklarifikasikan dalam berbagai cara. Contohnya beberapa jenis sistem informasi dapat diklarifikasi sebagai sistem informasi operasi dan manajemen.

1. Sistem Pendukung Operasi

Sistem informasi selalu dibutuhkan untuk memproses data yang dihasilkan oleh dan digunakan dan dalam operasi bisnis.sistem opendukung operasi ini menghasilkan berbagai produk informasi yang paling dapat digunakan oleh manajer.

2. Sistem Pendukung Manajemen

Aplikasi sistem informasi berfokus pada penyediaan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer.

3. Klasifikasi Lainnya Sistem Informasi

Beberapa kategori lainnya sistem informasi dapat mendukung baik aplikasi operasi maupun manajemen. Contohnya sistem pakar, sistem manajemen pengetahuan,sistem informasi strategis.


Fungsi Sistem Informasi

Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis,seperti fungsi akuntansi,keuangan,manajemen operasional,pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.

Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas dan moral pegawai,serta layanandan kepuasan pelanggan.

Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluarskan pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer dan praktisi bisnis.

Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif,yang memberi organisasi kelebihan strategis dalam pasar global.

Peluang berkarier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita.

Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan.

Tidak ada komentar