Model Bisnis Langganan Dan Contoh Perusahannya
Metode subscription atau langganan ini dianggap sebagai salah satu cara untuk membuat pelanggan anda tetap setia pada produk anda. Dengan membayar biaya di awal, pelanggan tidak akan beralih pada produk atau layanan lainnya. Metode bisnis berlangganan secara tidak langsung bisa meningkatkan kesetiaan konsumen. Tak heran, perusahaan yang menerapkan model bisnis ini mampu membangun hubungan yang erat dengan konsumen secara jangka panjang melalui customer retention marketing. Sebagai hasilnya, komunikasi dan hubungan yang berkelanjutan bisa membuat pelanggan untuk terus menerus menggunakan layanan atau produk dari perusahaan tersebut.
Model bisnis berlangganan ini dapat membuat alur permintaan pelanggan menjadi lancar. Dengan begitu, perusahaan bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif sesuai dengan bisnis plan. Perusahaan sudah bisa memperkirakan jumlah pelanggan yang dimiliki setiap bulannya. Sehingga, mereka juga bisa menghitung pendapatan yang diperoleh secara pasti. Fokus utama di model bisnis ini adalah hubungan pelanggan. Perusahaan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui strategi relationship marketing. Selain itu, perusahaan bisa mendapatkan feedback dari pelanggan setiap bulannya. Dengan adanya feedback ini, perusahaan bisa melakukan evaluasi tentang kekurangan dan juga kelebihan produk mereka. Jika masih banyak kekurangan, perusahaan bisa memperbaiki masalah tersebut agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi.
Fokus utama di model bisnis ini adalah hubungan pelanggan. Perusahaan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui strategi relationship marketing. Selain itu, perusahaan bisa mendapatkan feedback dari pelanggan setiap bulannya. Dengan adanya feedback ini, perusahaan bisa melakukan evaluasi tentang kekurangan dan juga kelebihan produk mereka. Jika masih banyak kekurangan, perusahaan bisa memperbaiki masalah tersebut agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi. Semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan model bisnis berlangganan ini. Hal ini karena bisnis berlangganan terbukti bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga menaikkan pendapatan.
Netflix, Inc. adalah salah satu penyedia layanan pengaliran (streaming) media digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. yang didirikan pada tahun 2008 oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California. Bisnis utama dari perusahaan ini adalah layanan pengaliran (streaming) berlangganan yang menawarkan film dan program televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri.
Sejak Januari 2012, layanan Netflix telah beroperasi lebih dari 190 negara, layanan ini tersedia secara bebas di internet kecuali Daratan Tiongkok, Suriah, Korea Utara, Republik Krimea (beberapa penyedia layanan internet memblokirnya karena masalah sensor).
Reed Hastings |
Marc Randolph |
Netflix memasuki industri produksi-konten pada tahun 2013, dengan debut seri pertama mereka Lilyhammer. Netflix telah memperluas produksi film dan serial televisi sejak saat itu secara besar-besaran, dengan menawarkan konten "Netflix Original" melalui perpustakaan digital milik mereka baik di layanan televisi maupun film. Netflix telah merilis lebih dari 126 "Original Series" atau film pada tahun 2014, lebih dari keseluruhan jaringan kabel atau layanan channel.
Sejak Juli 2015, Netflix memiliki lebih dari 130 juta total pelanggan secara internasional, termasuk 57.38 juta di Amerika Serikat sendiri. Upaya mereka adalah untuk memproduksi konten baru, mengamankan hak untuk konten tambahan, dan perbedaan melalui 190 negara telah mengakibatkan perusahaan untuk mengajukan miliaran utang jangka panjang: $21.9 miliar per September 2016, naik dari $16.8 miliar dari tahun sebelumnya, meskipun hanya $6,5 miliar dari ini adalah utang jangka panjang; sisanya adalah kewajiban jangka panjang.
Kantor pusat Netflix beralamat di 121 Albright Way, Los Gatos, California, Amerika Serikat. Mereka juga memiliki kantor di Belanda, Brasil, India, Jepang dan Korea Selatan.
Keuntungan Model Bisnis Langganan/Subscribtion:
1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Loyalitas konsumen adalah kunci untuk membangun bisnis subscription. Di samping hal tersebut, loyalitas konsumen juga menjadi keuntungan bagi perusahaan. Jika perusahaan sudah berhasil membuat pelanggan melakukan subscription, berarti perusahaan tersebut sudah satu langkah lebih maju mendapatkan kepercayaan pelanggan.
2. Bisnis Lebih Cepat Berkembang
Perusahaan yang mempunyai pelanggan yang loyal akan lebih mudah dalam menjalankan strategi pemasarannya. Contohnya, jika perusahaan mengeluarkan produk atau layanan baru maka audiens tidak akan ragu untuk menggunakannya. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi perusahaan dalam meningkatkan keuntungan bisnis sehingga bisnis lebih cepat berkembang.
3. Mempunyai Database Pelanggan yang Akurat
Database pelanggan sangat penting dalam proses analisis bisnis. Model bisnis subscription secara otomatis memberikan data base pelanggan yang akurat setiap ada audiens yang mendaftar. Perusahaan tidak perlu repot-repot membuat form atau lainnya untuk mendapatkan data base pelanggan. Pelanggan dengan senang hati akan memberikan datanya ketika mendaftar ke suatu layanan tertentu.
4. Lebih Mudah Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat
Model bisnis subscription memudahkan perusahaan dalam menganalisis tren pasar dan audiensnya. Dari data base yang telah terkumpul dan tentunya tidak sedikit tersebut akan sangat bermanfaat dalam mengatur strategi pemasaran yang tepat. Melalui strategi pemasaran yang tepat perusahaan akan lebih mudah menghasilkan produk baru yang lebih inovatif dan tepat sasaran dengan kebutuhan audiens.
Post a Comment