Konsep utama, Proses perencanaan dan pengiriman layanan dari model bisnis langganan
Konsep utama model bisnis yang berbasis subscription memberikan penawaran produk atau layanan dalam periode tertentu kepada customer. Di mana, customer harus membayar tagihan total selama jangka waktu tersebut, agar bisa menikmati produk atau layanan yang mereka gunakan.
Perencanaan model bisnis Langganan :
1. Menentukan Tujuan Bisnis Sejak Awal
Apa yang paling ingin Anda dapatkan dari subscription? Apakah itu revenue yang lebih besar, atau pertumbuhan bisnis yang cepat? Jika ingin menerapkan subscription, maka Anda perlu menentukan tujuan bisnis terlebih dahulu. Ini dapat membantu memudahkan Anda untuk menentukan strategi pricing paling tepat, sesuai dengan tujuan Anda tersebut.
Ketika revenue jangka panjang Anda bergantung kepada pemasukan bulanan atau tahunan dari subscription, maka sangat penting bagi Anda untuk memikirkan strategi jangka panjang. Mengetahui tujuan bisnis Anda membantu menciptakan buyer persona dan strategi pricing.
2. Mengoptimalkan Acquisition
Rumusnya sederhana saja, lebih banyak customer maka semakin besar revenue yang Anda dapatkan. Inilah mengapa Anda harus membuat proses sign up atau pendaftaran untuk subscription Anda itu mudah. Buatlah prosesnya semudah mungkin sehingga banyak customer baru yang tertarik untuk bergabung.
Customer experience yang memuaskan bakal mendatangkan customer baru lebih cepat. Apalagi, jika Anda customer bisa menikmati onboarding journey yang baik, mereka akan makin senang hati membayar Anda. Dengan tingginya angka acquisition Anda, maka bisnis Anda juga bisa lebih mudah mengurangi persentase churn.
3. Mempercepat Proses Tagihan
Jangan sampai Anda kehilangan revenue karena sistem billing subscription yang buruk. Hal ini juga menjadi faktor penting bagi Anda untuk bisa memberikan product experience yang baik kepada customer. Buatlah sistem tagihan yang sederhana, mudah dipahami dan juga melalui proses yang cepat. Jadi, customer Anda tidak akan berlama-lama melalui proses penagihan karena sistem billing Anda yang terlalu rumit. Jika proses pembayarannya cepat, customer juga akan rajin membayar.
4. Membangun Customer Relationship yang Kuat
Model bisnis subscription sangat bergantung kepada customer relationship yang kuat dan dapat berlangsung dalam jangka panjang. Jika customer tidak puas dengan pelayanan Anda, maka mereka akan membatalkan subscription mereka. Untuk itu, Anda bisa mengarahkan fokus utama kepada customer retention dalam mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan lama. Kenali pelanggan Anda dengan baik, sehingga Anda bisa menciptakan strategi pricing yang lebih efektif lagi.
5. Buat Rencana Pengembangan Subscription Sejak Dini
Model bisnis subscription yang baik dapat membantu bisnis Anda agar berkembang. Subscription bisa membuat arus pendapatan Anda makin lancar, menguranti angka churn atau kepergian customer, menurunkan biaya operasional, sehingga bisnis Anda lebih terjamin untuk jangka panjang. Subscription menjadi strategi marketing terbaik untuk bisnis Anda agar bisa menikmati keuntungan tersebut.
Pengiriman layanan :
konsumen akan merasa nyaman dengan kemudahan akses layanan yang bisa mereka dapatkan. Contohnya yang paling sederhana yaitu berlangganan musik dan film streaming. Tanpa harus membeli DVD, subscriber sudah bisa menikmati akses nonton film online setiap bulan, dengan pilihan judul film yang tidak terbatas, maka pelanggan akan merasa nyaman.
Selain memberikan layanan yang nyaman dan membuat pelanggan betah, metode pembayaran untuk pelanggan Anda juga harus dilakukan secara sistematis. Artinya, berikan kemudahan maksimal bagi subscriber untuk membayar subscription mereka. Sediakan metode pembayaran dengan pilihan lengkap, terutama pastikan itu frictionless dan paperless. Jadi, customer tidak perlu menggesekkan kartu atau membayar dengan uang tunai untuk biaya subscription mereka. Sebab, Anda sudah menyediakan fasilitas pembayaran yang bisa dilakukan secara online.
Post a Comment